• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Penyebab dan Pengobatan Sakit Tenggorokan

    Wednesday 8 March 2023, March 08, 2023 WIB Last Updated 2023-03-08T13:13:20Z

    Tenggorokan yang sakit saat menelan adalah gejala yang umum dan bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Beberapa di antaranya adalah radang tenggorokan, epiglotitis, dan esofagitis. Mengetahui penyebab dari gejala ini sangat penting untuk menentukan pengobatan yang tepat.
    Sakit tenggorokan


    Radang tenggorokan merupakan kondisi yang paling umum menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan. Gejala yang muncul pada radang tenggorokan meliputi rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, dan iritasi pada tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus, namun dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Streptococcus.

    Epiglotitis adalah kondisi yang lebih serius dan jarang terjadi. Epiglotitis terjadi ketika epiglotis, flap jaringan yang melindungi saluran udara, mengalami peradangan. Gejala dari epiglotitis meliputi kesulitan bernapas, nyeri tenggorokan, suara serak, dan demam. Epiglotitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan membutuhkan perawatan medis segera.

    Esofagitis adalah peradangan pada kerongkongan (esofagus) yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan. Esofagitis dapat disebabkan oleh gastroesofageal reflux disease (GERD), infeksi jamur, atau paparan bahan kimia. Gejala yang muncul pada esofagitis meliputi rasa sakit di dada, sulit menelan, dan rasa asam yang terasa di mulut.

    Untuk mengobati sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang tenggorokan, dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi banyak cairan, dan menggunakan obat pereda nyeri dan demam. Jika penyebab sakit tenggorokan adalah infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik.

    Epiglotitis membutuhkan perawatan medis segera, karena kondisi ini dapat membahayakan nyawa. Pengobatan untuk epiglotitis meliputi pemberian antibiotik dan oksigen melalui selang udara. Jika pernapasan menjadi sulit, mungkin diperlukan intubasi atau trakeostomi.

    Esofagitis dapat diobati dengan obat antasida atau inhibitor pompa proton (PPI) untuk mengurangi produksi asam di perut. Jika penyebabnya adalah infeksi jamur, maka dokter akan memberikan obat antijamur. Menghindari makanan pedas, berlemak, atau beralkohol juga dapat membantu mengurangi gejala.

    Dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan saat menelan dapat menjadi tanda dari kondisi yang lebih serius. Jika sakit tenggorokan berlangsung lama atau disertai dengan gejala lain seperti demam tinggi atau kesulitan bernapas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Penyebab dan Pengobatan Sakit Tenggorokan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x