• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Tersenyum Dan Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum

    Thursday, December 22, 2022, December 22, 2022 WIB Last Updated 2022-12-22T12:29:20Z
    Senyuman adalah ekspresi wajah yang menunjukkan kebahagiaan, kegembiraan, atau rasa senang. Senyuman biasanya terlihat sebagai kelengkapan dari wajah yang tersenyum, yang ditandai dengan lebarnya mulut dan menyebarnya kedua sisi bibir ke atas. Senyuman juga bisa terlihat dari gerakan mata yang melengkung ke atas, serta gerakan otot-otot wajah lainnya.
    Tersenyum


    Senyuman merupakan salah satu cara komunikasi nonverbal yang paling umum dan efektif. Orang-orang sering merasa lebih nyaman dan terhubung dengan orang lain yang tersenyum, dan senyuman juga dapat menciptakan suasana yang lebih positif dan menyenangkan di sekitar kita. Selain itu, senyuman juga dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan rasa percaya diri.


    Senyuman juga bisa menjadi alat yang sangat berguna dalam situasi sosial dan profesional. Misalnya, saat bertemu dengan orang baru atau saat melakukan presentasi di depan orang banyak, senyuman dapat membantu kita terlihat lebih ramah dan dapat dipercaya.


    Namun, meskipun senyuman merupakan ekspresi wajah yang umum dan bermanfaat, ada kalanya orang merasa sulit untuk tersenyum. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, atau masalah emosional. Dalam kasus seperti ini, cobalah untuk mencari aktivitas yang dapat mengurangi stres dan membantu meningkatkan mood, seperti melakukan olahraga, berjalan-jalan di alam terbuka, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Juga, cobalah untuk memfokuskan pikiran pada hal-hal yang positif dan mencoba untuk menghargai kebaikan yang ada di sekitarmu.


    Senyuman merupakan ekspresi wajah yang sederhana, namun sangat berguna. Selalu coba untuk tersenyum lebih sering, karena senyuman dapat membantumu merasa lebih baik dan membuat orang lain di sekitarmu merasa lebih nyaman.


    Lebih baik yang meliputi kesehatan pada diri sendiri itulah mengapa senyum adalah cara terbaik untuk sehat berdasarkan beberapa alasan di bawah ini:


    1. Senyuman membuat kamu menarik


    Orang-orang yang mudah tersenyum pada umumnya sangat mudah bergaul dan mempunyai banyak teman selain daya tarik kamu yang terlihat menarik juga rasa nyaman   membuat orang orang menyukai kamu

    2. Senyuman membuat suasana hati membaik


    Tersenyum memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, mood kamu yang berantakan sebaiknya di bawa santai dengan tersenyum dengan begitu ia akan membantu merubah suasana hati kamu.


    3. Senyuman dapat menular


    Kita akan senang sekali bila bertemu dengan orang yang tersenyum dengan kita dan biasanya rasa senang itu kita tunjukan dengan ikut tersenyum juga 

    Itu artinya semyuman dapat menular kepada sekitarnya karena efek dari senyuman yang menenangkan dan menentramkan.


    4. Senyuman dapat mengurangi setres kamu.


    Dengan tersemtum kamu menutupi kesedihan ataupun Setres sehingga kamu tidak berlarut larut dengan kesedihan 


    5. Senyum meningkatkan imun tubuh 

    Tersenyum memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh rasa rileks dan santainya memperkuat sistem imun dalam tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan.


    6. Senyum merupakan obat alami bagi tubuh


    Setiap kali terrsenyum tubuh kita mampu melepaskan hormon endorphin, hormon pengurang sakit dan serotonin hormon yang mengendalikan mood dan membuat membuat tubuh lebih sehat.


    7. Senyum adalah obat awet muda secara alami.


    Orang yang sering tersenyum akan nampak terlihat awet muda karena otot otot wajahnya yang kerap kali tertarik dan kencang saat orang itu tersenyum 


    Dari sudut pandangan agama senyum sangat di anjurkan oleh Islam. Banyak hadist menjelaskan keutamaan senyum sehingga di buatkan bab tersendiri  oleh Para Ulama penulis hadist tentang keutamaan tersenyum 


    Senyuman pun bisa menjadi alternatif bagi orang yang kurang berkecukupan namun ingin mendapatkan pahala sedekah senyuman yang tulus dan hangat terhitung sebagai sedekah pengganti harta  hadits Rasulullah saw bersabda:


    أنكم لن تسعون الناس بأموالكم فليسعهم منكم بسط الوجه وحسن الخلق


    Artinya: “Sesungguhnya kamu semua tidak akan mampu sepenuhnya melapangkan manusia dengan harta-hartamu, maka lapangkanlah mereka dengan keluasan wajah (senyuman) dan akhlaq yang baik”


    Tersenyum memberikan kenyamanan dan kesejukan hati, menjadi penawar hati dan penyemangat jiwa yang lelah



    Sabda Rasulullah SAW yang lain 


    قال صلى الله عليه وسلم تبسمك في وجه أخيك صدقة


    Artinya: “Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh…”. (HR. Tirmidzi)


    Senyum selain bermanfaat bagi diri sendiri kebaikannya pun tidak bisa kita anggap sebelah mata karena ia berpahala dan tidak pernah sia-sia

     Dalam hadits Nabi Muhammad SAW bersabda:


    لا تحقرن من المعروف شيئاً ولو أن تلقى أخاك بوجه طليق  رواه الحاكم والبيهقي في شعب الإيمان


    Artinya: “Janganlah kalian meremehkan sekecil apapun kebaikan, walaupun bertemu dengan saudaramu dengan wajah berseri-seri” (HR. Hakim dan Baihaqi).


    Hadits di atas juga diriwayatkan oleh Imam Muslim.


    Semoga kita semua bisa tersenyum manis dalam menjalani hari yang semakin baik dan berharap terus membaik karena selain baik untuk tubuh kita ternyata kebaikan senyum inipun termasuk ibadah yang menyenangkan

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Tersenyum Dan Alasan Kenapa Kita Harus Tersenyum

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x