• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    8 Cara Mudah Menghapus Dosa dalam Kehidupan Sehari-hari

    Monday 11 December 2023, December 11, 2023 WIB Last Updated 2023-12-11T07:00:39Z



    Untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT, penting bagi kita untuk bertaubat dan berusaha untuk tidak mengulangi dosa-dosa tersebut. Terdapat berbagai cara atau amalan yang dapat kita lakukan secara rutin agar dosa-dosa kita diampuni.

    Amalan penghapus dosa



    Berikut adalah delapan cara atau amalan yang dapat menghapus dosa dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari:


    1. Sholat

       Sholat, khususnya sholat wajib, dianggap sebagai salah satu amalan yang dapat menghapus dosa. Seperti disebutkan dalam buku "Keajaiban Shalat, Sedekah, dan Silaturahmi" (2011) oleh H. Amirulloh Syarbini, sholat lima waktu diibaratkan sebagai sungai tawar yang membersihkan dosa-dosa sebagaimana air membersihkan kotoran.

    Tata cara sholat bisa Anda ikuti di artikel sebelumnya 


    2. Wudhu

       Wudhu tidak hanya membersihkan hadas kecil, tetapi juga  dapat menghapus dosa kecil. Rasulullah bersabda bahwa bagi yang berwudhu dengan baik, dosa-dosanya akan keluar bersama air wudhu tersebut.

    Klik panduan lengkap wudhu untuk mengetahui lebih lanjut


    3. Sedekah

       Sedekah dianggap sebagai amalan yang mampu menghapus dosa. Rasulullah SAW menyatakan bahwa sedekah dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.


    4. Silaturahmi

       Menjaga silaturahmi, termasuk saling bersalaman, dianggap sebagai amalan yang menghapus dosa. Rasulullah mengajarkan bahwa dua orang Muslim yang bertemu dan saling bersalaman akan diampuni dosanya sebelum berpisah.


    5. Istighfar

       Istighfar, atau memohon ampun kepada Allah, merupakan bentuk tobat yang dapat menghapus dosa sekaligus istighfar sebagai penenang hati.

    Allah SWT berfirman bahwa Dia tidak akan menghukum orang yang terus-menerus memohon ampun.


    6. Puasa

       Puasa, baik puasa wajib seperti Ramadhan maupun puasa sunnah, dianggap dapat menghapus dosa. Rasulullah menyatakan bahwa puasa Ramadhan akan menghapus dosa yang telah lalu.


    7. Menuntut Ilmu

       Menuntut ilmu dianggap sebagai penghapus dosa-dosa yang telah lalu. Meskipun hadits yang menyebutkan hal ini bersifat dhaif, namun dapat diterima sebagai dalil.


    8. Sholawat

       Memperbanyak membaca sholawat juga dianggap sebagai cara menghapus dosa. Rasulullah SAW menyatakan bahwa membaca sholawat kepadanya akan diikuti dengan berlipat-lipatnya rahmat dan penghapusan kesalahan.


    Semua amalan di atas dapat dilakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki fadhilah besar, salah satunya adalah menghapus dosa. Semoga kita senantiasa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Wallahu a'lam.





    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • 8 Cara Mudah Menghapus Dosa dalam Kehidupan Sehari-hari

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x