• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Istighfar Doa Penenang Hati Mengatasi masalah

    admin
    Friday 7 October 2022, October 07, 2022 WIB Last Updated 2022-10-07T15:36:00Z

    ISTIGHFAR MENGATASI MASALAH


    Sebagai muslim berpedoman kepada Al Quran segala musibah yang terjadi kepada kita akibat kesalahan kita sendiri dengan begitu otomatis menjadikannya prinsip hidup
    Istighfar penenang hati



    Di dalam Al-Qur'an surat an nisa di katakan 



    وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ

    Segala musibah terjadi karna kesalahan diri  

    Dengan demikian apabila terjadi masalah hendaklah untuk kembali kepada prinsip awal dan segera memohon pertolongan kepada yang maha kuasa

    Ini pernah saya singgung di dalam artikel penyebab rumah tangga hancur

    Kendati demikian bukan hanya urusan rumah tangga saja bisa jadi masalah, akan tetapi masalah lainnya seperti masalah pergaulan ataupun masalah karir bisnis yang tak kunjung profit selalu menuai kebangkrutan dan juga hal lainnya



    Ada cerita menarik di jaman dahulu 

    Pada masa generasi tabi'in

    Alkisah, ada tiga orang tamu berkunjung kepada Imam Hasan al Bashri, untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang mereka alami.



    Tamu yang pertama mengeluhkan hasil panen yang sedikit karena paceklik yang berkepanjangan 



    Lalu Hasan al Bashri menasehatinya, ”Mintalah ampun (ISTIGHFARLAH) kepada Allah agar musim paceklik itu segera berlalu.”



    Tamu yang kedua mengeluhkan ingin memiliki keturunan, dan meminta solusi agar di karuniai anak



    Beliau menjawab, ”Perbanyaklah ISTIGHFAR agar kelak Allah memberimu keturunan.”



    Dan tamu yang ketiga mengadukan tentang tanamannya yang tak cepat berbuah.lagi-lagi beliau Hasan Al Basri mengatakan : ”Perbanyaklah ISTIGHFAR, agar tanaman nya cepat berbuah.”

    Ketika permasalahan yang datang di kasih solusi yang sama yaitu memperbanyak istighfar

    Apa gerangan keistimewaan istighfar sehingga beliau menganjurkan nya 

    Ternyata Hasan Al Bashri tidak sembarang memberi nasihat akan tetapi 



    Nasehat Iman Hasan Al Bashri itu sesuai dengan ayat al Qur'an : 



    "Maka aku katakan : 'mohon ampun lah kamu kepada Allah, sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit untukmu, Dia akan memberikanmu banyak harta dan anak,
     dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya sungai-sungai, mengapa kamu tidak berharap kepada Allah?” (QS. Nuh : 10-13).



    Ternyata betapa banyak masalah yang kita alami dalam kehidupan ini solusinya adalah memperbanyak istighfar. kendati demikian tentu tetap berusaha dengan sungguh-sungguh dan halal tetap perlu dilakukan.



    Sebab setiap kesalahan dan dosa adalah perbuatan yang keluar dari fitrah manusia sehingga akan terjadi konsleting atau penyakit yang merusak kehidupan dan rezeki kita. Untuk itu ia harus diobati dengan memperbanyak ISTIGHFAR.



    Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda :  



    ”Demi Allah, aku ber-ISTIGHFAR dan bertaubat kepada-Nya seratus kali dalam sehari.”

    (HR. Bukhari).



    Istighfar secara harfiah menutupi dan secara bahasa meminta ampunan kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan yang paling sederhana, yaitu dengan mengucapkan "astaghfirullah" berkali-kali semakin banyak semakin baik. 


    Bisa juga dengan lafaz istghfar lainnya dan yang paling afdhol adalah membaca Sayyidul Istighfar 

    Berikut ini doa sayyidul istighfar:



     اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ 

    Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

     Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat.
     Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,” HR. Bukhari no. 6306). 

    Manfaat Sayyidul Istighfar

    ada banyak manfaat seseorang yamg istiqomah mendawamkan istighfar, salah satunya lapadz atau dzikir untuk memohon ampunan kepada alloh swt

    manusia di ciptakan berpotensi berbuat kesalahan dan dosa dan sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT 
    janji Allah kepada orang yang mau bertaubat 

    . Firman Allah SWT: وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ

     Wa innii la Ghaffaarul liman taaba wa aamana wa 'amila saalihan summah tadaa.

     Artinya: "Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk." (Thâha:82) 

    Kemudian juga Allah SWT menyuruh kita untuk senantiasa bertaubat dalam surah berikut ini:

     فَاعۡلَمۡ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَاسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۡۢبِكَ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَ الۡمُؤۡمِنٰتِ‌ ؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ مُتَقَلَّبَكُمۡ وَمَثۡوٰٮكُمۡ 

    Fa'lam annahuu laaa ilaaha illal laahu wastaghfir lizambika wa lilmu'miniina walmu'minaat; wallaahu ya'lamu mutaqallabakum wa maswaakum. 

    Artinya: "Maka ketahuilah, bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat usaha dan tempat tinggalmu." (Muhammad: 19) 

    maka dari itu sangat lah pantas bila istighfar mempunyai banyak manfaat dan keutamaan
     

    1. Jaminan surga bagi yang istiqomah siang dan malam


    Hal ini seperti disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa mengucapkannya [sayyidul istighfar] pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga” (Hadits Bukhari dari Syaddad bin Aus ra). 

    2. Di Ampuninya Dosa 

      Sepintas melihat dari artinya saja bermakna menutupi dosa maka sudah barang tentu orang yang beristighfar diampuni atau di tutupi kesalahan dan dosa-dosanya



    3. Di cintai Allah SWT

     
    Manusia yang berpotensi berbuat kesalahan akan sangat di cintai jika ia tergelincir kedalam kemaksiatan lalu kemudian segera bertaubat

    Firman Allah SWT: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri” (QS.al-Baqarah: 222). 

    4. Terhindar dari murka Allah SWT

    Dosa yang kita lakukan sesungguhnya mengundang azab bagi kita sendiri dan istighfar adalah cara terbaik untuk memohon ampunan atas kesalahan yang telah di perbuat

    Firman Allah seperti termaktub dalam QS. Al-Anfal ayat 33: 
    ”Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. Keutamaan orang yang memohon ampun pada Allah SWT adalah dapat terhindar dari azab. Sebab Allah tidak akan mengazab umatnya yang bertaubat dan memohon ampun.

    5. Mempermudah Rezeki 

     Istighfar juga salah satu obat mujarab untuk memperlancar rezeki dikarenakan dosa-dosa yang dilakukan sejatinya dapat menghambat kelancaran rezeki Anda.

    oleh karenanya, dengan membaca istighfar memohon ampun kepada Allah, bisa jadi wasilah terhapusnya dosa

     Rasulullah SAW bersabda: ”Sesungguhnya seorang hamba boleh tertahan rezekinya karana dosa yang dilakukannya” (HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

    6. Pembersih hati yang kotor


    Dalam sebuah hadist, Rasul SAW bersabda: ”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya.
       Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya” (HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi). 

    7. Obat dan Doa Penenang Hati

      
       Istighfar yang bermakna menutupi kesalahan atau yang bermakna meminta pengampunan atas kesalahan dan dosa adalah pengakuan dari seorang hamba kepada Sang Pencipta  dapat menjadi obat bagi dirinya yang di tandai ketenangan hati dari tertutupnya dan di ampuni nya dosa sehingga dengan memohon ampunan hati menjadi tenang dan damai






    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Istighfar Doa Penenang Hati Mengatasi masalah

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x