Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Timer Kulkas 2 Pintu

Sebagai sebuah perangkat elektronik, kulkas memiliki beberapa bagian yang saling terkait dan saling bergantung satu sama lain. Salah satu bagian yang penting pada kulkas adalah timer. Timer merupakan sebuah mekanisme yang bertugas mengatur waktu kerja kompresor kulkas
Fungsi timer pada kulkas adalah untuk mengatur waktu proses pendinginan dan defrost bekerja. Sehingga menghasilkan pendinginan yang tetap stabil, terjaga dan bebas dari bunga es yang mengganggu.
Cara cek timer kuklas


Apabila kompresor kulkas bekerja terus menerus, maka akan menyebabkan beban listrik yang berlebihan pada sistem rumah tangga. Oleh karena itu, timer diperlukan untuk mengatur waktu kerja kompresor agar tidak terlalu lama.

Nah, bagaimana cara mengecek timer kulkas 2 pintu? 
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti:

1. Pastikan kulkas sudah dalam keadaan mati atau tidak bekerja. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terkejut oleh listrik saat melakukan pengecekan.

2. Cari bagian timer pada kulkas. Bagian ini biasanya terletak di belakang kulkas atau di bawah kulkas.

3. Buka bagian penutup timer dengan cara mengeluarkan beberapa baut yang mengunci bagian tersebut tidak perlu memutus bagian kabel cukup melepaskan dari kedudukan nya

4. Setelah bagian penutup terbuka, kamu akan melihat sebuah mekanisme berbentuk roda yang disebut timer. Roda ini berputar secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cek apakah roda timer berputar dengan baik atau tidak. Apabila roda timer terasa terkunci atau tidak berputar, maka ada kemungkinan timer mengalami masalah.

Selanjutnya, kamu dapat mencoba untuk memutar roda timer secara manual. Apabila roda timer dapat diputar dengan mudah, maka timer dapat bekerja dengan baik. Namun, apabila terasa terkunci atau sulit diputar, maka ada kemungkinan timer mengalami masalah dan perlu segera diperbaiki.

Setelah selesai mengecek timer, jangan lupa untuk mengunci kembali bagian penutup timer dengan cara memasang kembali baut-baut yang telah kamu lepas sebelumnya.

Itulah cara mengecek timer kulkas 2 pintu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu  Jika kamu masih kurang yakin atau merasa kurang paham tentang cara mengecek timer kulkas, sebaiknya segera konsultasikan ke orang yang lebih mengerti dengan membawanya ke tempat jasa servis kulkas .

Post a Comment for "Cara Cek Timer Kulkas 2 Pintu"