• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Cara Membuat Web Berita Dengan Html Dan Css

    admin
    Monday 25 July 2022, July 25, 2022 WIB Last Updated 2023-04-03T07:46:22Z


    Website merupakan salah satu media komunikasi yang efektif dalam berbagai hal, mulai dari bisnis hingga personal branding. Dengan website, kita dapat memperkenalkan diri, produk, atau layanan kita kepada orang lain secara online. Bagi yang masih awam, membuat website mungkin terasa sulit dan membingungkan. Namun, sebenarnya membuat website dengan HTML dan CSS cukup mudah, apalagi dengan banyaknya tutorial dan sumber daya online yang tersedia.

    Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah dasar dalam membuat website dengan HTML dan CSS. Langkah-langkah ini diadaptasi dari artikel di https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-website-html-css/.

    Membuat Struktur Project Web
    Langkah pertama dalam membuat website adalah menentukan struktur project web kita. Struktur ini akan memudahkan kita dalam mengorganisir file-file yang akan kita gunakan. Untuk membuat struktur project web, kita dapat membuat folder baru dengan nama project kita. Selanjutnya, di dalam folder tersebut kita dapat membuat file index.html dan style.css.

    Menambahkan Kode pada File index.html
    File index.html merupakan file utama pada website kita. File ini yang akan diakses oleh web browser ketika kita membuka website kita. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan kode-kode dasar HTML pada file ini.

    Kode dasar HTML terdiri dari tag-tag HTML seperti <html>, <head>, <title>, dan <body>. Kita dapat menambahkan kode-kode ini pada file index.html dengan menggunakan text editor seperti Notepad atau Sublime Text. Contoh kode dasar HTML adalah sebagai berikut:

    php
    Copy code
    <!DOCTYPE html>
    <html>
      <head>
        <title>Judul Website</title>
      </head>
      <body>
        <h1>Selamat Datang di Website Saya</h1>
        <p>Ini adalah website saya yang pertama.</p>
      </body>
    </html>
    Kode di atas terdiri dari tag HTML <html>, <head>, <title>, dan <body>. Tag <html> digunakan untuk menunjukkan bahwa dokumen ini merupakan dokumen HTML. Tag <head> berisi informasi-informasi tentang dokumen seperti judul dan meta data. Tag <title> digunakan untuk menambahkan judul pada dokumen. Tag <body> digunakan untuk menambahkan konten pada dokumen seperti teks dan gambar.

    Menambahkan Kode pada File style.css
    Setelah menambahkan kode-kode dasar HTML pada file index.html, langkah selanjutnya adalah menambahkan kode CSS pada file style.css. Kode CSS digunakan untuk menentukan tampilan website kita seperti warna, font, dan layout. Kita dapat menambahkan kode CSS pada file style.css dengan menggunakan text editor yang sama.

    Contoh kode CSS adalah sebagai berikut:

    css
    Copy code
    body {
      background-color: lightblue;
    }

    h1 {
      color: white;
      text-align: center;
    }

    p {
      font-family: verdana;
      font-size: 20px;
    }
    Kode di atas menunjukkan bagaimana kita dapat mengatur tampilan website kita dengan CSS. Kita dapat mengatur warna latar belakang dengan properti background-color pada tag body. Kita juga dapat mengatur warna teks dan tata letak dengan properti color dan text-align pada tag h

    1.3 dan 1.4

    Mengakses Website di Web Browser
    Setelah menambahkan kode-kode dasar HTML pada file index.html dan kode CSS pada file style.css, langkah selanjutnya adalah mengakses website kita di web browser. Kita dapat membuka file index.html dengan mengklik kanan pada file tersebut dan memilih "Open with" kemudian pilih web browser yang kita gunakan seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

    Ketika kita membuka file index.html di web browser, maka kita akan melihat tampilan website kita seperti yang telah kita desain dengan HTML dan CSS. Kita dapat melakukan perubahan pada file index.html atau style.css dan melihat perubahan tersebut di web browser dengan merefresh halaman.

    Kesimpulan

    Membuat website dengan HTML dan CSS memang terlihat sulit dan membingungkan pada awalnya, namun sebenarnya cukup mudah jika kita mengikuti langkah-langkah dasar seperti yang telah dibahas di atas. Dalam membuat website, struktur project web yang baik dan kode-kode HTML dan CSS yang jelas sangat penting untuk memudahkan kita dalam mengorganisir file dan menentukan tampilan website kita.

    Setelah membuat website, kita dapat mempublikasikan website kita di internet agar dapat diakses oleh orang lain. Terdapat berbagai platform hosting seperti Niagahoster, Hostinger, atau AWS yang dapat digunakan untuk mempublikasikan website kita. Dengan memiliki website, kita dapat memperkenalkan diri atau produk kita kepada orang lain secara online dan memperluas jangkauan bisnis kita
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Cara Membuat Web Berita Dengan Html Dan Css

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x