• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Manfaat Buah Sukun: Khasiat dan Kesehatan yang Didapat

    Sunday, 2 July 2023, July 02, 2023 WIB Last Updated 2023-07-07T15:57:09Z

    Buah sukun telah lama menjadi favorit di Indonesia khususnya di pedesaan  dan sering dijadikan camilan, baik dalam bentuk gorengan, keripik, maupun kolak. Dikenal juga dengan sebutan "buah roti" di Eropa, sukun memiliki tekstur lembut yang menyerupai roti setelah dimasak atau digoreng. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sukun yang perlu diketahui.
    Manfaat sukun


    1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Buah sukun mengandung kalium dalam jumlah tinggi, sehingga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium berperan penting dalam mengatur kontraksi otot jantung dan memperlancar aliran darah melalui arteri. Dengan demikian, konsumsi sukun dapat membantu mengendalikan detak jantung Anda dan tekanan darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah sukun juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol. Serat makanan memiliki kemampuan mengikat kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi buah sukun dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

    2. Mencegah dan Mengontrol Diabetes
    Buah sukun merupakan pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Kandungan serat makanan dan protein yang tinggi serta indeks glikemik yang rendah membuat buah ini memiliki efek yang dapat mengontrol kadar gula darah. Serat makanan dalam sukun dicerna perlahan, sehingga makanan akan dicerna dengan lambat dan glukosa darah tidak akan melonjak secara tiba-tiba setelah makan.

    3. Melancarkan Pencernaan
    Serat makanan yang terdapat dalam buah sukun juga berperan dalam meningkatkan pergerakan usus. Nutrisi ini membantu menyerap air di usus dan melunakkan tinja, sehingga feses dapat keluar dengan lancar. Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sukun, dapat mencegah masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, buah sukun yang mirip dengan nangka juga mempunyai efek positif bagi kesehatan usus dengan membantu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh.

    4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot
    Buah sukun mengandung senyawa fenolik yang kaya, seperti stilbenoid, flavonoid, coumarin, dan xanthones. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu dan  meredakan nyeri pada sendi dan otot, serta membantu pengobatan rematik.

    5. Meningkatkan Kesehatan Kulit
    vitamin C yang tinggi dalam kandungan buah sukun memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C merangsang produksi kolagen, yang memperkuat elastisitas kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, vitamin C juga memiliki kemampuan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Nutrisi ini membantu mengurangi dampak buruk sinar UVA dan UVB, seperti kerutan, kekenduran kulit, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Dengan rutin mengonsumsi buah sukun, Anda dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

    6. Mendukung Kesehatan Mata
    Buah sukun mengandung karotenoid dalam jumlah yang cukup tinggi. Karotenoid dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kualitas penglihatan, mencegah masalah mata, dan menjaga kesehatan retina.

    Dalam kesimpulan, buah sukun bukan hanya menggoda lidah dengan rasanya yang lezat, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang berharga. Kaya akan nutrisi seperti kalium, serat makanan, vitamin C, dan karotenoid,  khasiat buah sukun dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol diabetes, melancarkan pencernaan, meredakan nyeri sendi dan otot, meningkatkan kesehatan kulit, serta mendukung kesehatan mata. Dengan memasukkan buah sukun ke dalam pola makan Anda, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah yang kaya nutrisi ini.
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Manfaat Buah Sukun: Khasiat dan Kesehatan yang Didapat

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x