• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

    Selasa, 18 April 2023, April 18, 2023 WIB Last Updated 2023-04-17T17:22:25Z


    Zakat Fitrah adalah salah satu bentuk zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim setiap tahunnya pada bulan Ramadan. Zakat Fitrah dilakukan dengan memberikan sejumlah bahan makanan pokok kepada orang yang membutuhkan. Selain menjadi kewajiban, Zakat Fitrah juga memiliki dampak positif bagi yang memberikan zakat dan yang menerimanya.
    Niat zakat


    Di artikel ini, akan dibahas mengenai Zakat Fitrah untuk diri sendiri, istri, niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki, doa Zakat Fitrah untuk anak perempuan, doa Fitrah untuk diri sendiri dan seluruh keluarga, doa untuk orang yang diwakilkan, dan dampak baik Zakat Fitrah.

    1. Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri
    Dalam Islam, setiap orang diwajibkan untuk memberikan Zakat Fitrah untuk dirinya sendiri. Dengan memberikan Zakat Fitrah untuk diri sendiri, seseorang dapat memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT dan memperkuat rasa solidaritas sosial dengan sesama. Selain itu, Zakat Fitrah juga dapat membantu seseorang untuk menghindari sifat rakus dan serakah.
    ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

    2. Zakat Fitrah untuk Istri
    Seorang suami juga wajib memberikan Zakat Fitrah untuk istri dan anak-anaknya yang masih di bawah umur. Dalam hal ini, suami dapat memberikan Zakat Fitrah dalam bentuk uang atau bahan makanan pokok yang sudah ditentukan. Memberikan Zakat Fitrah untuk istri juga dapat meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang antara suami dan istri serta mengajarkan nilai kepedulian dan kebersamaan dalam keluarga.
    ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

    3. Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki
    Seorang ayah juga dapat memberikan Zakat Fitrah untuk anak laki-lakinya yang sudah mencapai usia baligh. Dalam memberikan Zakat Fitrah untuk anak laki-laki, seorang ayah dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan dan memperkuat ikatan batin antara ayah dan anaknya. Selain itu, memberikan Zakat Fitrah untuk anak laki-laki juga dapat membantu memperkuat rasa sosial dan kemanusiaan dalam diri anak..ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

    4. Doa Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan
    Seorang ibu juga dapat memberikan Zakat Fitrah untuk anak perempuannya yang sudah mencapai usia baligh. Dalam memberikan Zakat Fitrah untuk anak perempuan, seorang ibu dapat memberikan doa untuk keselamatan, kebahagiaan, dan keberkahan bagi anaknya. Doa ini juga dapat membantu meningkatkan rasa syukur dan kecintaan anak terhadap Allah SWT.
    ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

    5. Doa Fitrah untuk Diri Sendiri dan Seluruh Keluarga
    Dalam memberikan Zakat Fitrah, sebaiknya juga disertai dengan doa untuk diri sendiri dan seluruh keluarga. Doa ini dapat membantu meningkatkan rasa syukur dan kecintaan kita kepada Allah SWT serta memperkuat ikatan batin dalam keluarga. Doa ini juga dapat membantu memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan meningkatkan keberkahan dalam keluarga 
    ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

    6. Doa untuk Orang yang Diwakilkan
    Jika seseorang tidak dapat memberikan Zakat Fitrah secara langsung, maka dapat diwakilkan kepada orang lain untuk melakukannya. Dalam hal ini, sebaiknya disertai dengan doa agar Zakat Fitrah yang diberikan dapat diterima dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.
    ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

    Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala

    Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu  karena Allah Taala.”

    Dampak Baik Zakat Fitrah
    Zakat Fitrah memiliki banyak dampak positif, baik bagi yang memberikan zakat maupun yang menerimanya. Dampak positif yang paling utama adalah membantu meningkatkan rasa kepedulian dan kebersamaan antar sesama. Dalam hal ini, Zakat Fitrah membantu memperkuat hubungan sosial dan kemanusiaan dalam masyarakat.

    Selain itu, Zakat Fitrah juga dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meringankan beban hidup bagi yang membutuhkan. Dalam hal ini, Zakat Fitrah membantu memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi orang yang menerimanya.

    Dalam Islam, memberikan Zakat Fitrah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Dengan memberikan Zakat Fitrah, seseorang dapat memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT dan memperkuat hubungan sosial dengan sesama. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berusaha untuk melaksanakan kewajiban ini dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x