• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Mengatasi Dan Cara Mengobati Asam Lambung Sering Naik

    Saturday 11 February 2023, February 11, 2023 WIB Last Updated 2023-02-11T16:34:28Z
    Hampir sebagian besar orang di dunia ini pasti pernah mengalami penyakit asam lambung  atau biasa dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari tingkat stres yang tinggi, kurang istirahat, atau pola makan yang berantakan. Jika gejalanya tidak dikendalikan, maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya yang tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan kamu.
    Asam lambung



    Oleh karena itu yuk, simak pembahasan singkat tentang GERD dan ketahui tips mengatasi asam lambung sering naik di bawah ini!
    Kenali Penyakit Asam Lambung 
    Asam lambung adalah penyakit yang muncul ketika mekanisme pencernaan di dalam lambung tidak berjalan sebagaimana mestinya. Saat manusia makan, refluks gastroesofagus mencegah penumpukan cairan di lambung dengan gerakan memundurkan isi lambung ke arah kerongkongan. Cairan lambung ini sangat berguna untuk mencerna makanan sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah diserap. Ketika cairan ini naik secara berlebihan, tubuh akan merespon dengan rasa terbakar dan pahit, sesak nafas, nyeri di sekitar ulu hati dan perut, sering bersendawa, kembung, serta muntah. 
    Penyebab Naiknya Asam Lambung 
    Ada beberapa kebiasaan yang membuat kamu mengalami penyakit asam lambung, di antaranya : 
    Obesitas atau kelebihan berat badan
    Pola makan tidak teratur dan tidak terkontrol jumlahnya
    Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok atau minum minuman beralkohol
    Mengkonsumsi makanan asam, pedas, atau minuman bersoda dan mengandung kafein
    Kurang tidur di malam hari
    Tingkat stres yang tinggi
    Pencegahan Penyakit Asam Lambung 
    Asam lambung dapat disembuhkan, namun penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu apabila tidak ditangani secara serius. Minimal kamu perlu merubah pola hidup diri sendiri supaya faktor risiko yang ditimbulkan dapat mereda.
    Tips Mengatasi Asam Lambung Sering Naik
    Setelah mengetahui apa itu asam lambung dan penyebabnya, selanjutnya kamu wajib menerapkan 6 tips ini agar tidak membuat asam lambung kamu naik : 
    Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 
    Faktor ini disebabkan oleh banyaknya lemak di area perut, sehingga menimbulkan tekanan dan beresiko menimbulkan asam lambung naik. Solusi yang terbaik adalah menjaga berat badan tetap ideal dan perbanyak olahraga. 
    Pola Makan “Sedikit Tapi Sering” 
    Seringkali kita lupa untuk menyempatkan makan di sela-sela aktivitas yang padat. Padahal, sumber energi tubuh kita adalah apa yang selama ini kita makan. Oleh karena itu, kamu harus makan dengan porsi yang cukup tapi sering, supaya lambung terus bekerja dan tidak dalam keadaan kosong tanpa makanan.
    Meninggikan Posisi Kepala
    Menjelang istirahat, kamu dapat mencoba cara ini untuk mengurangi asam lambung, yaitu menambah bantal untuk meninggikan posisi kepala. Karena kondisi ini membantu kamu untuk menurunkan tingkat asam lambung. Jangan lupa juga untuk mengatur jam tidur kamu, agar besok bangun dalam keadaan bugar
    Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung
    Langkah selanjutnya yaitu menjauhi makanan pemicu asam lambung, seperti makanan asam, berlemak, dan pedas, cokelat, atau minuman berkarbonasi. Ganti makanan tersebut dengan makanan dan minuman yang sehat, bernutrisi, dan berserat. 
    Kompres Perut dan Minum Air Hangat
    Untuk pertolongan pertama ketika perut nyeri akibat asam lambung kambuh, kamu bisa menyediakan air hangat untuk mengompres perut dan minum jahe atau madu yang dapat menetralisir peradangan pada lambung.
    Gaya Hidup Sehat Tanpa Merokok dan Minuman Beralkohol 
    Tips yang terakhir adalah memperbaiki gaya hidup kamu sehari-hari. Merokok dan banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dapat berakibat fatal pada penderita GERD. Dengan menerapkan kebiasaan ini, tubuh lebih sehat dan memperlancar pencernaan. 

    Nah, itu tadi tips mengatasi asam lambung yang sering naik. Jangan sampai, asam lambung  menghalangi aktivitasmu hari ini, ya!
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Mengatasi Dan Cara Mengobati Asam Lambung Sering Naik

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x