• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Puasa Sunah Ayyamul Bidh

    admin
    Thursday, January 5, 2023, January 05, 2023 WIB Last Updated 2023-01-05T15:17:09Z

    Puasa ayyamul bid



    Saat buka beranda facebook banyak yang membuat status "selamat berpuasa"
    Aku sedikit kaget di karenakan banyaknya status seperti itu. 
    Rasa penasaran pun akhirnya mendorongku searching berselancar mencari informasi di internet dengan kaya kunci puasa hari ini,

     Dari pencarian ku keluarlah beberapa link pembahasan ayyamul bidh, Astagfirulloh haladzim bathiinku 
    ternyata puasa ayyamul bidh." ko bisa lupa"gumamku.

    "Bagaimana aku bisa lupa"?
     Padahal dulu untuk hal-hal seperti ini aku jarang lupa. mungkin karna terlalu fokus dan terlena usaha, atau juga karna di musim pandemi Corona ini aku terlalu fokus menyelamatkan usaha dan keluarga,

     Terus terang pandemi Corona ini benar-benar seleksi alam.siapa yang bisa bertahan dari kesehatan, ekonomi, bahkan pernikahan sehingga puasa sunnah yg di kerjakan tiga hari setiap bulan Hijriah atau yang biasa di sebut ayyamul bidh sedikit terlupakan.

    Tanggal 13, 14, 15 adalah pelaksanaan puasa sunah ini setiap bulan Hijriah kecuali bulan suci Ramadhan karna di bulan ramadhan sudah wajib melaksanakan puasa selama sebulan penuh dan bulan Zulhijah kran bertepatan dengan hari tasyrik.

    adapun tata caranya saya kira kawan-kawan pembaca pasti  sudah mengetahui karna puasa ayyamul bidh hukumnya sunah maka caranya pun sama seperti puasa sunah lainnya,
    kita tinggal niat,tidak makan minum, menahan segala yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

    niat seluruh puasa sunah dapat dilakukan setiap saat setelah terbitnya fajar selama orang itu belum melakukan perkara yang membatalkan puasa pada hari tersebut, seperti makan dan minum.

    Niat puasanya gampang sekali, Bisa diucapkan dalam hati atau dilafalkan,dengan bahasa Indonesia maupun dengan bahasa Arab. 

    Lafadz niat puasa ayyamul bidh


     نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى. 
    nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala Artinya, "Saya niat berpuasa besok pada ayyamul bidh sunah karena Allah Ta’ala."

    kalau seandainya kawan-kawan sudah kesiangan dan belum melaksanakan yang membatalkan puasa kawan bisa langsung niat puasa sebagai berikut.

     نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى 
    Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta’ala Artinya, "Saya berniat puasa ayyamul bidh, sunah karena Allah ta’ala.

    dulu saya pernah berfikir kenapa namanya ayyamul bidh ?


    dan ternyata dalam sebuah laman artikel di sebutkan dinamakan ayyamul bidh berkaitan dengan cerita nabi adam dan menurut pendapat lain karna  malam-malam tersebut terang benderang disinari rembulan, dan rembulan selalu menyinari bumi sejak matahari terbenam sampai terbit kembali.
    begitu artikel yang saya baca di nu online


     وَقِيلَ سُمِّيَتْ بِذَلِكَ لِأَنَّ لَيَالِي أَيَّامِ الْبِيضِ مُقْمِرةٌ وَلَمْ يَزَلِ الْقَمَرُ مِنْ غُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى طُلَوعِهَا فِي الدُّنْيَا فَتَصِيُر اللَّيَالِي وَالْأَيَّامُ كُلُّهَا بِيضًا 

     “Pendapat lainnya menyatakan, hari itu dinamai ayyamul bidh karena malam-malam tersebut terang benderang oleh rembulan dan rembulan selalu menampakkan wajahnya mulai matahari tenggelam sampai terbit kembali di bumi.
    Karenanya malam dan siang pada saat itu menjadi putih (terang).

     
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Puasa Sunah Ayyamul Bidh

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x