Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup Google Authenticator

Google Authenticator adalah aplikasi yang digunakan untuk menambah tingkat keamanan pada akun online Anda dengan menghasilkan kode token unik yang hanya dapat digunakan sekali. Namun, jika Anda kehilangan perangkat atau harus mengganti perangkat, Anda harus mem-backup kode token Anda agar tidak kehilangan akses ke akun Anda. Berikut adalah cara untuk mem-backup kode token Google Authenticator:

1. Buka aplikasi Google Authenticator di perangkat Anda.

2. Klik tombol menu (tiga garis horizontal) di sisi kanan atas layar.

3. Pilih "Settings" atau "Pengaturan" dari menu yang muncul.

4. Pilih "Backup and restore" atau "Cadangan dan pemulihan" dari menu pengaturan.

5. Pilih "Backup" atau "Cadangan" untuk membuat cadangan kode token Anda. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi untuk mengamankan cadangan.

6. Pindahkan file cadangan ke perangkat lain atau simpan di tempat yang aman seperti Google Drive atau Dropbox.

7. Jika Anda harus mengganti perangkat atau kehilangan perangkat Anda, Anda dapat memulihkan kode token Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, tapi pilih "Restore" atau "Pemulihan" pada langkah ke-5 dan upload file cadangan yang sudah Anda simpan.

8. Jangan lupa untuk menghapus atau menyembunyikan file cadangan setelah Anda memulihkan kode token Anda.

Mencatat atau menyimpan kode token yang dihasilkan oleh Google Authenticator tidak dianjurkan, karena itu akan membuat akun Anda lebih rentan terhadap serangan. Namun, dengan membuat cadangan kode token, Anda dapat menjaga akses ke akun Anda meskipun Anda kehilangan atau mengganti perangkat Anda.

Post a Comment for "Cara Backup Google Authenticator"