• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Kunci Kesuksesan Hidup Manusia

    admin
    Sunday, April 24, 2022, April 24, 2022 WIB Last Updated 2022-04-23T20:49:49Z

     Kunci Kesuksesan Hidup Manusia

    Kunci kesuksesan


    Kategori sukses hidup seorang manusia hakikatnya ialah ia mendapatkan ketenangan, kebahagiaan, dan keselamatan di dunia dan akhirat, bukan dilihat seberapa banyaknya harta dan tinggi jabatannya.


    Karena kita semua juga tau, khususnya sebagai ummat islam bahwa tujuan kita hidup didunia ini untuk beribadah, seorang manusia hidup didunia ini dianalogikan seperti halnya kita sedang berada di perjalanan untuk mencapai suatu tujuan, yang mana tujuan kita selaku manusia itu akhirat yang akan hidup selama - lamanya.


    Hidup didunia hanya sementara, ibarat sedang dalam perjalanan, lumrahnya ketika kita dijalan pasti akan menemui tikungan, tanjakan, dan turunan, bahkan ada yang jalannya mulus, berliku, dan berbatu.

    Begitupula kita sebagai manusia dalam kehidupan di dunia pasti akan menemui yang namanya kesenangan, kesediahan, permasalahan, dan lain sebagainya, dan itu semua harus dihadapi dengan penuh kesabaran serta tetap terus berusaha melaksanakan tugas kehidupan yaitu ibadah.


    Dalam kitab Fawaidul Makiyyah, dijelaskan diantaranya ada 4 kunci kesuksesan hidup bagi seorang hamba (manusia), supaya mendapat kebahagian dunia dan akhirat, ini redaksinya :

    Laabuda Lil'abdi Min Arba'ati Mawadi'a, Al'ilmi, Wal'amali, Walikhlasi, Walkhoufi.

    Sangatlah harus bagi seorang hamba ( yang mengharapkan kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat ) memliki 4 perkara, yaitu :


    1. Ilmu

    Sebagaimana kita ketahui ilmu itu adalah cahaya penerang bagi kegelapan dan penerang jalan kehidupan.


    2. Amal

    Pengaplikasian dari ilmu yang menjadi penerang.


    3. Ikhlas

    Ruh dari amal tersebut, karena ilmu dan amal jika tanpa ada ikhlas maka akan sia sia, dan tidak akan ada nyawanya dalam amal tersebut.


    4. Rasa Takut

    Maksudnya tanamkan dalam jiwa, fikiran dan hati rasa takut kepada Allah swt dengan terus berhati - hati dalam menjalani kehidupan didunia ini yang penuh dengan patamorgana dan liku - liku permasalahan.


    4 perkara diatas saling berhubungan satu sama lainnya dan saling melengkapi, maka insyaalloh jika seorang hamba ciptaan Allah SWT, bisa menjalankan yang 4 itu akan mendapat bahagia dan kesuksesan di dunia dan diakhirat.


    Hidup itu dijalani, bukan difikirkan.

    Dunia itu jalan, akhirat itu tujuan.


    Wallohu'alam


    Lutfi Saeful Miladi, M.Pd 






    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kunci Kesuksesan Hidup Manusia

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    Topik Populer

    Iklan

    Close x